Jenis-jenis microwave oven

Secara umum sebuah perangkat yang berfungsi hanya sebagai microwave saja, ditulis dengan istilah Microwave Oven. Maksudnya sebuah oven yang hanya berfungsi untuk memanaskan makanan saja. Karena memang microwave oven ini dianggap sebagai salah satu jenis oven diantara jenis-jenis oven yang ada, dan juga merupakan pengembangan dari oven konvensional.
Kali ini kita bahas tentang jenis-jenis microwave oven saja.
Berikut jenis-jenis microwave,

1. Solo Microwave Ovens.
Microwave jenis ini hanya memiliki magnetron di dalamnya yang berfungsi menghasilkan gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Jadi kemampuan microwave jenis ini hanya untuk memanaskan makanan saja. Jenis ini merupakan jenis microwave yang paling dasar. Contoh penggunaannya seperti untuk memanaskan susu yang kita simpan di dalam kulkas.
Solo Microwave Ovens
Solo Microwave Ovens
2. Grill Microwave Ovens.
Pada microwave jenis ini selain berfungsi untuk memanaskan makanan, juga memiliki kemampun untuk memanggang karena dilengkapi juga oleh koil pemanas (heater coils). Kata Grill berarti pemanggang atau panggangan. Contoh penggunaannya seperti untuk memanggang ayam.
Grill Microwave Ovens
Grill Microwave Ovens

3. Convection Microwave Ovens.
Pada microwave jenis ini selain sebagai microwave (pemanas makanan), grill (pemanggang), juga dilengkapi dengan heater blower (alat pemanas dan kipas penghembus) untuk menghembuskan udara panas di dalam ruangan microwave agar merata. Hal ini berfungsi untuk membakar / memanggang makanan (bake food / cake). Contohnya ketika kita akan membuat biskuit, maka microwave jenis ini yang cocok.
Convection Microwave Ovens
Convection Microwave Ovens
Perlu dicatat bahwa jika kita lihat produk-produk microwave di pasaran, sulit kita temukan produk microwave yang dengan secara jelas menuliskan jenis-jenis produk tersebut. Hanya tercantum merk dan kode-kode nya saja. Karenanya jika kita ingin membeli salah satu jenis microwave di atas, kita perlu tanyakan ke penjualnya dengan jelas, mana microwave saja, mana microwave grill, mana microwave convection.

Kita tidak akan tahu jenis-jenis microwave di atas hanya berdasarkan tulisan atau merk yand ada pada produk tersebut. Namun demikian ada juga beberapa produk yang mencantumkan tulisan cukup jelas pada body produk microwave-nya. Seperti pada gambar ke dua di atas, produk grill microwave oven dari Sharp. Terdapat tulisan Grill pada panel depannya.
.........................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Perbedaan Microwave dan Ovens 
Mengenal jenis-jenis proyektor 
Untung rugi menggunakan proyektor sebagai home cinema
.........................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...