Cara berbagi layar smartphone Asus Zenfone-5 dengan Smart TV meggunakan Miracast

Maksud dari tulisan ini adalah bagaimana cara kita berbagi layar monitor smartphone dengan Smart TV. Lebih dikenal dengan istilah mirror atau mirroring. Kadang kita ingin aktifitas kita di smartphone, nampak juga di layar yang lebih besar yaitu Smart TV.
Misalkan kita mau presentasi menggunakan smartphone tapi juga tertampil di layar Smart TV yang ada dalam ruangan tersebut. Jadi berfungsi layaknya sebuah proyektor.

Objek kita adalah sebuah smartphone Asus Zenfone 5 dan Smart TV LG. Syaratnya keduanya memiliki teknologi Miracast. Teknologi yang masih cukup baru yang banyak ditambahkan pada perangkat atau gadget mutakhir agar dapat saling terkoneksi berbasis Wifi Direct, (memanfaatkan jalur wifi dari masing-masing perangkat tanpa harus terkoneksi ke internet router / modem).

Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

A. Setting pada Smart TV LG.
1. Masuk ke menu Home dengan menekan tombol Home pada Remote control kemudian klik bagian Setting untuk masuk ke menu Setting.
Menu Home dan Setting Smart TV
Gambar-1. Menu Home dan Setting Smart TV
2. Masuk ke menu Network kemudian clik bagian Miracast / Intel's Widi.
Menu Network pada Smart TV
Gambar-2. Menu Network pada Smart TV
3. Masuk ke menu Miracast / Intel's Widi lalu aktifkan / 'ON'-kan koneksi Miracast nya. Untuk mengaktifkan koneksi Miracast yaitu dengan me-klik tombol (yang ada panah kekanan atau ke kiri) disebelah kanan tulisan Miracast / Intel's Widi 
Menu Miracast pada Smart TV
Gambar-3. Menu Miracast pada Smart TV
Terlihat proses pencarian perangkat yang bisa terhubung ke Smart TV dengan koneksi Miracast. 
Sampai di sini setting yang perlu dilakukan pada Smart TV, tujuan nya hanya untuk mengaktifkan koneksi Miracast-nya saja.

B. Setting pada smartphone Asus.
1. Masuk ke menu Setting bagian Wireless & Network kemudian tap (sentuh) pada bagian More...
Menu Setting Asus Zenfone 5
Gambar-4. Menu Setting bag. Wireless & Network
2. Kemudian tap pada bagian 'Play To'
Menu Wireless & Network
Gambar-5. Menu Wireless & Network
3. Kemudian akan muncul jendela popup seperti berikut ini.
Menu Popup dari Play To
Gambar-6. Menu Popup dari Play To
Nampak muncul nama perangkat eksternal yang siap berbagi layar (mirroring) dengan smartphone Asus kita.
Pada jendela popup Play To ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu:

- Refresh.
Sentuh (tap) tombol ini untuk melakukan pencarian ulang terhadap perangkat eksternal yang siap berbagi layar dengan smartphone kita.

- Nama perangkat eksternal.
Pada jendela popup di atas, nama perangkat eksternal yang yang muncul adalah '[TV][LG]40UB800T-TB'. Jika kita tap nama perangkat ini, maka smartphone akan mengirim sinyal agar bisa koneksi dengan perangkat eksternal tersbut.

- Edit. Tombol edit ini dipergunakan untuk meng-edit nama perangkat eksternal yang muncul. Jika kita merasa nama yang muncul terlalu rumit, bisa kita ganti dengan nama yang lebih sederhana, sesuai keinginan kita.

- 'Play video only on eksternal display'.
Ini adalah pilihan bagi kita, apakah kita hanya ingin memainkan data video saja pada perangkat eksternal kita atau tidak. Kalau ya, kita tap gambar kotak sebelah kanan tulisan tersebut hingga muncul tanda centang. Kalau tidak kita biarkan saja kotak terebut kosong /  tidak tercentangi.

Dalam contoh kita ini, sekarang kita tap nama perangkat ekternal pada jendela popup di atas agar smartphone mengirim sinyal minta koneksi ke perangkat eksternal (Smart TV).
Sampai di sini kita akan melihat jendela popup pada Smart TV kita adanya perangkat yang meminta koneksi. Ada pilihan tombol Yes dan No. Maka kita klik tombol Yes. Kemudian akan muncul dua jendela popup kecil yang memberitahukan kepada kita adanya proses koneksi android smartphone ke Smart TV dan berhasilnya koneksi Miracast antar kedua perangkat.
Koneks android dan streaming Miracast
Gambar-7. Dua Info padaSmart TV, Koneks android dan streaming Miracast
Jika kita sudah melihat di jendela popup seperti gambar di atas (Miracast starts streaming) berarti keneksi antar kedua perangkat sudah terbangun. Dan pada Smart TV muncul gambar yang berasal dari smartphone kita. Apa pun aktifitas kita di smartphone akan tertampil di Smart TV kita.
Berikut beberapa contoh screenshot di Smart TV dari aktifitas di smartphone.

Main catur di Smart TV dari smartphone Asus Zenfone 5
Gambar-8. Main catur di Smart TV dari smartphone
Alqur'an di Smart TV dari smartphone Asus Zenfone 5
Gambar-9. Alqur'an di Smart TV dari smartphone
Catatan.
Koneksi smartphone Asus zenfone 5 ke Smart TV LG menggunakan Miracast untuk berbagi layar (mirror) cukup nyaman jika digunakan untuk hal2 yang tidak banyak aktifitas di smartphone, seperti membaca / mengaji. Kita bisa membaca / mengaji Alqur'an dengan tulisan yang besar-besar pada Smart TV kita. Masih mending juga jika digunakan untuk main board game, seperti catur, domino dll.
Namun jika di gunakan untuk main game seperti game balapan atau strategi juga nonton video hasil tampilannya di smart TV terasa kurang nyaman, putus-putus. Beberapa alternatif bisa digunakan untuk keperluan ini (main game dan nonton video) seperti menggunakan koneksi Intel's Widi (berbagi layar / mirroring) dan koneksi DLNA (berbagi content / content sharing). Kita bahas lain waktu.
....................................................................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Apa itu Smart TV?
- Memahami cara kerja jaringan DLNA
- Cara koneksi Smart TV ke jaringan internet
- Cara koneksi laptop/PC dengan TV Led dengan kabel HDMI
- Cara berbagi konten laptop/PC dengan Smart TV menggunakan Smartshare
Cara berbagi konten smartphone Asus Zenfone 5 dengan Smart TV menggunakan DLNA
Cara berbagi layar smartphone Asus Zenfone 4 dengan Smart TV menggunakan koneksi wireless Miracast
Koneksi smartphone ke HDTV dengan MHL
.........................................................................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...