Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-1)

Semua produk harus memenuhi berbagai macam persyaratan standar kelayakan produk sebelum dilepas ke pasar. Sampel produk tersebut harus diuji /  ditest sesuai dengan persyaratan standar kelayakan. Untuk produk-produk elektrik dan elektronik standar ini diantaranya, keselamatan (safety), kompatibilitas gelombang elektromagnet (EMC = Electromagnet Compatibility) dan interferensi gelombang elektromagnet (EMI = Electromagnet Interference). Setelah produk tersebut lolos pengujian, akan diberi sertifikat kelayakan dan label atau simbol yang harus ditempel pada semua produk tersebut. Dengan demikian produk-produk tersebut baru boleh beredar ke khalayak umum.
Setiap negara mempunyai badan pengawas masing-masing dan menetapkan standar kelayakannya sendiri-sendiri bagi produk-produk yang boleh dijual di sana. Khusus produk elektronik tetap mengacu pada standar di atas, Safety, EMC dan EMI. Karenanya kita sering menemukan simbol yang sangat banyak yang tertera pada badan (body) sebuah produk eletronik seperti pada gambar charger laptop berikut ini.
Simbol-simbol pada body sebuah charger laptop
Terlihat begitu banyak logo-logo atau simbol-simbol yang tertempel pada gambar di atas. Ini menandakan produk tersebut telah lolos pengujian dan dapat dijual ke negara-negara yang diwakili oleh masing-masing simbol yang tertera pada badan produk tersebut. Logo-logo atau simbol-simbol tersebut dinamakan Compliance Mark atau Conformity Mark, simbol kelayakan produk.
Berikut kami sajikan simbol-simbol kelayakan produk (khususnya produk elektrik dan elektronik) pada berbagai negara yang kami kumpulkan dari berbagai sumber yang dibagi berdasarkan wilayahnya. Tidak semua negara tentunya, disamping keterbatasan tempat juga sering tidaknya logo-logo tersebut kita temui pada produk-produk di sekeliling kita.

1. North America (US dan Canada)
Untuk Amerika, standard kelayakan (Safety, EMC dan EMI) ditetapkan oleh ANSI (American National Standards Institute), sedangkan untuk Canada ditetapkan oleh SCC (Standards Council of Canada). Standar-standar ini menjadi acuan / parameter dalam mengetes suatu produk yang dilakukan oleh lembaga atau laboratorium uji kelayakan independen. Setelah lolos pengujian, lembaga ini mengeluarkan sertifikat kelayakan dan simbol yang harus ditempel pada setiap produk sejenis seperti contoh berikut.
FCC Mark
CSA Mark
UL Mark
TUV Mark
MET Mark
CCL Mark

RC Mark
ETL Mark
UL Listed
CSA NRTL 
Keterangan:
- FCCFederal Communications Commission, merupakan komisi atau lembaga US yang menetapkan standard / level interferensi gelombang elektromagnet (EMI = Electromagnetic Interference) yang harus dipenuhi oleh produk-produk elektronik yang dibuat atau dijual di sana.

- CSA, Canadian Standards Association, merupakan lembaga atau organisasi sertifikasi dan uji kelayakan produk yang berpusat di Canada. Awalnya, lembaga ini berfungsi menetapkan standar bagi produk-produk yang dibuat dan dijual di Canada saja, namun akhirnya berkembang menjadi lembaga sertifikasi global. Inisial C dan US disebelah kiri dan kanan logo CSA menandakan produk tersebut telah melalui uji kelayakan untuk pasar Amerika dan Canada.

- UL, Underwriters Laboratories, salah satu lembaga uji kelayakan dan sertifikasi produk yang berpusat di US.

- TUV, "Technischer Uberwachungsverein", (Jerman) yang berarti Organisasi Inspeksi Teknis (Technical Inspections Organizations) yang berbasis di Rheinland, Jerman. Ini juga salah satu lembaga sertifikasi dan uji kelayakan produk.

- MET, Maryland Electrical Testing, salah satu lembaga sertifikasi dan uji kelayakan produk yang berbasis di Maryland, US.

- CCL, Communication Certification Laboratory, merupakan bagian dari lembaga sertifikasi NEMKO (yang berasal dari Norwegia) khusus produk teknologi informasi dan industri telekomunikasi bagi pasar US.

- RC, Recognized Component, merupakan simbol yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi UL khusus untuk industri componen. Sebuah produk elektronik misalnya, dibangun dari berbagai macam komponen penunjang, seperti Relay, IC, Trafo dan sebagainya. Komponen-komponen yang sudah diuji kelayakannya akan mendapat serifikat RC ini.

- ETL, Electrical Testing Laboratories, merupakan salah satu lembaga uji kelayakan dan sertifikasi produk. Lembaga ini telah berganti nama menjadi ITS, Intertek Testing Services namun logo sertifikasi tetap menggunakan ETL. (source: http://www.intertek.com/about/history/)

Lembaga sertifikasi di atas memiliki banyak laboratorium pengujian untuk berbagai bidang industri dan telah diakui sebagai bagian dari NRTL, (Nationally Recognized Testing Laboratory), laboratorium testing yang diakui secara nasional (US). Kerenanya pada simbol yang dikeluarkan masing-masing lembaga sertifikasi di atas terdapat kata LISTED atau NRTL. Maksudnya lembaga sertifikasi tersebut telah terdaftar sebagai NRTL seperti contoh simbol UL LISTED dan CSA NRTL di atas.

(Sources:  http://www.osha.gov/dts/otpca/nrtl/http://www.cclab.com/nrtl.htmhttp://en.wikipedia.org/wiki/Conformance_mark )
......................................................................................................................................................................
Artikel Terkait:
Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-2: Eropa)
Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-3: Asia)
Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-4: South America - Australia)
Membuat simbol kemasan menggunakan font grafis
- Simbol pada battery charger atau adaptor
............................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...