Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-2)

European Union
Kelanjutan dari bagian-1, tentang simbol kelayakan produk untuk wilayah Amerika Utara (North America). Pada bagian-2 ini untuk wilayah Eropa.

2. Eropa
- CE, "Conformite Europeennee". Semua produk yang beredar di negara-negara eropa harus ada logo ini. Logo ini tidak dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi, tapi merupakan kesepakatan dari negara-negara eropa yang telah menetapkan hukum dan peraturan bagi produk yang akan beredar di pasar eropa. Pencantuman logo ini atas inisiatif sendiri dari perusahaan yang akan menjual produknya di sana, namun konsukuensinya perusahaan dan produknya harus sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku. Untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh negara-negara eropa, perusahaan bisa dibantu oleh lembaga sertifikasi semisal Intertek atau TUV.

Berikut sombol-simbol sertifikasi produk masing-masing negara Eropa.
Jerman
GS Mark
GS(Geprufte Sicherheit =  Tested Safety). Label ini baru didapat setelah produk di test sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Keselamatan Produk dan Peralatan Jerman, GPSG (Geräte-und Produktsicherheitsgesetz), German Equipment and Product Safety Act.
Peraturan GPSG sangat ketat, tidak hanya menjamin keselamatan tapi juga kualitas produk.

VDE Mark
VDESelain label GS terdapat juga Label VDE (Verband der Elektrotechnik, Elektronik und Informationstechnik e.V = Association for Elctrical, Electronic and Information Technologies e.V) untuk masuk ke pasar Jerman.

Inggris (UK)
BSI Mark
BSI, (British Standards Institution). Simbol yang dikeluarkan BSI untuk produk yang telah ditest dan sesuai dengan standard yang ditetapkan. Karena bentuknya seperti layang-layang, simbol ini dikenal dengan sebutan "Kitemark".
Austria
OVE Mark
OVE"Österreichischer Verband für Elektrotechnik" (Austrian Electrotechnical Association) merupakan simbol safety untuk masuk pasar Austria bagi semua produk elektroteknik dan elektronik.
Belgia
CEBEC
CEBEC"Comité Electrotechnique Belge - Belgisch Elektrotechnisch Comité" (Belgium Electrotechnical Committee), simbol safety untuk masuk pasar Belgia.
Denmark
DEMKO
DEMKO"Dansk Elektrisk Materiel Kontrol" (Danish Electrical Equipment Supervision). Simbol bagi produk elektrik yang akan dijual di Denmark. Lembaga ini sekarang bagian dari UL.
Italia
IMQ
IMQ"Istituto Italiano del Marchio di Qualità" (Italian Institute for the Quality Mark). Simbol bagi produk elektrik yang akan dijual di Italia.
Norwegia
NEMKO
NEMKO, "Norges Elektriske Materiellkontroll" (Norwegian Electrical Equipment Supervision). Simbol untuk masuk pasar Norwegia.
Perancis
NF
NF, "Normes Françaises" (French Standards), simbol untuk masuk pasar Perancis.
Belanda
KEMA
KEMA, "Keuring Van Elektrotechnische Materialen", Verification Of Electrical Materials. Simbol untuk masuk pasar Belanda.
Swedia
SEMKO
SEMKO, "Svenska Elektriska Materielkontrollanstalten", (Swedish Electrical Equipment Inspection Institution).Simbol sertifikasi produk elektrik untuk Swedia.
Swiss
S+
S+, Simbol sertifikasi produk elektrik untuk Swiss yang dikeluarkan oleh ESTI, "Eidgenössisches Starkstrominspektorat" (Federal Inspectorate for Heavy Current Installations).
Irlandia
NSAI
NSAINational Standards Authority of Ireland. Simbol sertifikasi produk untuk Irlandia.
Polandia
PCBC
PCBC, "Polskie Centrum Badań i Certyfikacji" (Polish Centre for Testing and Certification). Simbol uang dikeluarkan oleh PCBC untuk masuk pasar Polandia.
Turki
TSE
TSE, "Türk Standardları Enstitüsü" (Turkish Standards Institution). Label yang dikeluarkan oleh TSE untuk produk yang akan dijual di sana.

(Link: www.tse.org.tr)
Yunani
ELOT
ELOT, "ΕΛΟΤ - ΕΛΛΗΝΙΚΟΣ ΟΡΓΑΝΙΣΜΟΣ ΤΥΠΟΠΟΙΗΣΗΣ Α.Ε.", (Hellenic Organization for Standardization). Organisasi standarisasi Yunani mengeluarkan simbol ELOT untuk produk elektrik yang dijual di sana.
Ukraina
UkrTEST
UkrTEST, Ukrainian Testing and Certification Institute of Electrical Equipment. Lembaga pengujian dan sertifikasi Ukraina untuk produk elektrik.
Slovenia
SIQ
SIQSlovenian Institute of Quality and Metrology. Lembaga pengujian dan sertifikasi Slovenia.

(Link: www.siq.si)
..................................................................................................

Artikel terkait:
- Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk bag-1 (North America)
- Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk bag-3 (Asia)
Conformity Mark: Simbol standar kelayakan produk (bag-4: South America - Australia)

...................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...