Jenis sumber air di bumi

Jenis sumber air : air laut
Jenis sumber air di bumi pada pokoknya ada 2 yaitu air asin [air laut] dan air tawar.  Air di bumi 97%-nya adalah air asin dan hanya 3% berupa air tawar dan lebih dari 2 per tiga bagian dari air tawar tersebut berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub. Air tawar yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa air tanah, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.

Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Air Tanah Preatis.Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air [impermeable].
  2. Air Tanah Artesis.Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.


Air yang berada di permukaan tanah dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Perairan Darat.Perairan darat adalah air permukaan yang beradar di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.
  2. Perairan Laut.Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas.

Sedangkan air yang berada di udara berupa uap air yang nantinya akan turun dalam bentuk embun di pagi hari dan air hujan.
Siklus air
...................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Desalinasi, mengolah air laut menjadi air tawar
- Tahap-tahap Pengolahan Air (Water Treatment)
- Proses Pemurnian Air Minum (Water Purification)
- Air Zam-zam
...................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...