Proses pemurnian air minum



Di pasaran terdapat banyak jenis air minum dalam kemasan yang beredar selain air mineral. Di antaranya air minum destilasioxygen, hexagonal dan RO [reverse osmosis].
Semua jenis-jenis air ini pada dasarnya adalah baik. Namun begitu bukan berarti semuanya baik & cocok untuk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap saat.

Berikut penjelasan secara garis besar mengenai jenis-jenis air minum tersebut :


Air minum Destilasi [Distilled Drinking Water]
Proses pemurnian air minum destilasi adalah dengan menguapkan air dengan mempergunakan sumber panas khusus. Tujuannya adalah memisahkan molekul yang terdapat pada air baku untuk membuang unsur logam yang berbahaya seperti timbal, arsenik dan merkuri. Namun air minum yang diproses dengan cara seperti ini, kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh juga ikut terbuang, sehingga air jenis ini tidak lagi memiliki kandungan mineral alami.

Air minum Oxygen
Air minum Oksigen diproses secara khusus & lebih kompleks, dengan suhu & tekanan tertentu, yang memungkinkan air menangkap oksigen lebih banyak.dari jenis air yang lain.
Sama dengan jenis air minum mineral pada umumnya, keberadaan oksigen terlarut pada air memberikan manfaat yang positif bagi tubuh, air ini membantu meningkatkatkan supply oksigen ke seluruh tubuh.
Kelarutan oksigen dalam air sangat rendah. Pada suhu 20 derajad, kelarutan oksigen dalam air (tekanan 1 atm) adalah sekitar 0,0045 mg/100 mg air. Bila ditambahkan oksigen kedalamnya, maka air tersebut akan perlahan-lahan melepaskan oksigennya kembali ke udara dan air tersebut akan menjadi air biasa. Oleh sebab itu air minum jenis ini jangan disimpan terlalu lama setelah dibuka. Walaupun disimpan dalam wadah tertutup, oksigen dapat menembus lapisan plastik (polymer) melalui pori-pori.


Air minum Hexagonal

Air minum  Hexagonal  diolah secara khusus dengan menggunakan proses elektromagnetis dan infra merah dengan tujuan menghasilkan molekul air (H2O) lebih banyak, yakni 6 buah (air jenis lain memiliki molekul 5 buah) lalu molekul-molekul tersebut membentuk formasi hexagonal / segi 6. Pada air jenis lain yang memiliki jumlah 5 molekul, formasi molekul akan terbentuk pentagonal / segi 5.
Secara spesifik air ini mampu memberikan manfaat yang lebih, namun begitu sifat kelarutan oksigennya memiliki sifat yang sama dengan air oksigen. Oleh sebab itu setelah dibuka sebaiknya tidak disimpan terlalu lama.

Air minum Reverse Osmosis (RO)
Air minum RO prosesnya pemurnian airnya dengan memberi tekanan untuk membalik aliran alami air dengan memaksa air untuk bergerak dari konsentrasi lemah ke konsentrasi lebih kuat. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan kadar garam dan menghilangkan unsur mineral yang terdapat pada air.

.....................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Tahap-tahap Pengolahan Air (Water Treatment)
- Jenis sumber air di bumi
- Air Zam-zam
.....................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...