English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Terrestrial DVB-T2

Selama ini, untuk mendapatkan siaran tv digital ada dua cara yang dilakukan, yaitu menggunakan Parabola Digital atau berlangganan tv kabel. Untuk yang menggunakan  parabola digital ada yang gratis dan ada yang berbayar (iuran bulanan) seperti berlangganan tv kabel. Siaran tv digital berbayar yang menggunakan parabola, contohnya Indovision atau Top TV. Perangkat parabola dan receiver-nya dipinjamkan gratis.
Sedang untuk siaran tv digital gratis yang menggunakan parabola kita harus membeli perangkat parabola digital + receiver-nya sendiri, contohnya merk seperti Venus. Dengan parabola jenis ini kita tak lagi direpotkan oleh iuran bulanan.

Gambar logo DVB-T2

Siaran tv digital yang dipancarkan lewat kabel (cable TV) sistem penyiarannya dinamakan DVB-C (Digital Video Broadcasting-Cable). Siaran tv digital yang dipancarkan lewat satelit dinamakan DVB-S (Digital Video Broadcasting-Sattelite). Sedang siaran tv digital lewat darat (tanpa parabola) dinamakan DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial), untuk Indonesia menggunakan standar DVB-T generasi ke-dua (DVB-T2).
Yang dimaksud siaran tv digital lewat darat, stasiun tv-nya memancarkan sinyal tv digital lewat pemancar atau relay pemancar, diterima antena uhf/vhf dan nikmati. Dan yang pasti, GRATIS !! Lebih murah tanpa harus beli parabola untuk mendapatkan sinyal tv yang bagus. Jadi kondisinya sama seperti nonton tv zaman dulu, beli tv + antena uhf/vhf, bahkan antena dalam rumah (indoor), selesai !! Inilah yang saya maksud pada tulisan sebelumya, Siaran TV Digital.

Ada dua syarat untuk mendapatkan sinyal tv digital lewat darat ini (DVB-T2),
1. Pesawat TV nya harus bisa menerima sinyal tv digital DVB-T2.
Karena sinyal tv digital di Indonesia dipancarkan dengan format DVB-T2 maka pesawat tv-nya pun harus memiliki Tuner DVB-T2. Jadi sebelum anda membeli pesawat tv digital pastikan ada Tuner DVB-T2-nya. Kalau tidak ada coba cari jenis atau merk lain, daripada nyesel dikemudian hari. Cari info selengkap-lengkapnya yang ada tuner DVB-T2 (bukan DVB-T).


LED TV with DVB-T2 Tuner Integrated
(source: 
philips.co.uk)
Pesawat TV Led atau LCD yang sekarang banyak beredar dipasaran walaupun kata penjualnya sudah digital tapi perlu dipastikan dulu, digitalnya pakai Tuner DVB-T2 apa tidak. Kebanyakan sepertinya masih pakai Tuner DVB-T saja. Jenis pesawat tv ini digital juga tapi tidak akan bisa menangkap siaran tv digital yang dipancarkan dengan sistem DVB-T2, hanya dengan menggunakan antena uhf/vhf.
Berikut screenshot yang saya dapatkan dari situs salah satu Produsen Led TV Indonesia bagian Layanan FAQ:


FAQ salah satus situs produsen TV Led

Bila terlanjur memiliki pesawat tv digital DVB-T, untuk mendapatkan sinyal tv digital solusinya tetap harus membutuhkan perangkat penerima digital DVB-T2 (Set Top Box DVB-T2) layaknya TV analog.

2.  Gunakan Set Top Box DVB-T2.
Jika ingin tetap menggunakan pesawat tv analog atau terlanjur punya tv digital yang menggunakan tuner DVB-T, untuk mendapatkan sinyal tv digital dengan antena uhf/vhf, gunakan perangkat penerima digital, Set Top Box yang DVB-T2.
Namun seperti halnya pesawat tv digital sekarang ini yang banyak beredar baru pakai Tuner DVB-T saja. Set Top Box yang banyak berdedar juga masih yang DVB-T saja. Sedang Set Top Box yang sudah menggunakan tuner DVB-T2 masih sulit didapatkan.


STB DVB-T2
Set To Box DVB-T2
(source: ebay.com)
Kenapa bisa demikian..??
Pada th 2007, ditetapkan DVB-T sebagai standar penyiaran digital terrestrial untuk Indonesia (berdasarkan Peraturan Men Kom Info no: 07 th 2007). Namun di masa persiapan peralihan ke era penyiaran digital, standar penyiaran digital terrestrial ini telah mengalami perkembangan dan peningkatan sehingga muncullah standar penyiaran digital terrestrial generasi ke dua, yang dikenal dengan DVB-T2. Berdasarkan kajian dan konsultasi dengan pelaku industri penyiaran, akhirnya sepakat mengganti standard penyiaran digital dari DVB-T ke DVB-T2 dan ditetapkan dalam Peraturan Men Kom Info No: 5 th 2012

Mungkin saja produsen sudah terlanjur produksi set top box dan pesawat tv digital dengan standar DVB-T, karena memang sebelumnya th 2007 standar penyiaran digital DVB-T lah yang ditetapkan. Namun ternyata standar penyiaran akhirnya berubah ke DVB-T2 di awal th 2012 kemarin. Karenanya sampai saat ini kita masih sulit menemukan Set Top Box atau pesawat tv digital yang terintegrasi dengan Tuner DVB-T2 di pasaran. Produsen masih enggan produksi Set Top Box atau pesawat tv digital dengan Tuner DVB-T2 secara besar-besaran, mungkin khawatir akan terjadi perubahan standar penyiaran lagi.
........................................................................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Siaran TV Digital
- Resolusi TV Digital
- Daftar TV LED yang menggunakan Tuner DVB-T2
- Antena TV Digital
- Bikin sendiri antena TV Digital 
- Apa itru Smart TV? 
- Cara koneksi Smart TV ke jaringan internet 
- Jenis-jenis TV 3D
- Apa itu kabel HDMI 
- Jenis-jenis konektor HDMI 
- Cara koneksi laptop ke TV Digital via kabel HDMI 
- Koneksi dan cara kerja DLNA 
- Jenis home theater dan bagian-bagiannya
- Apa maksud 5.1 - 6.1 - 7.1 pada home theater dan format surround sound 
Cara setup home theater 
- Arti kode pada bagian ekor pesawat terbang sipil
.......................................................................................................................................................................................

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...