Baca dulu artikel ini sebelum anda membuang Silica Gel anda

Ketika kita membeli suatu barang elektronik ambil contoh seperti kamera digital, atau aksesoris seperti jam tangan, selain barang yang kita beli, di dalam kemasannya biasanya kita akan temukan sebuah atau beberapa bungkusan kecil kira-kira seukuran jempol kaki dan berbentuk seperti bantal. Pada bungkusannya tertulis SILICA-GEL - do not eat. Yup inilah barang yang kita maksud. Dan biasanya pula, karena ada tulisan "do not eat" langsung kita buang bersamaan dengan sampah kemasan dari barang yang kita pesan. Kita yakin barang ini berbahaya jika tertelan.

Sebenarnya Silica Gel ini masih bisa kita manfaatkan selagi masih tersimpan dalam kemasannya (kemasannya tidak sobek).
Sesuai fungsi awalnya, Silica Gel berfungsi menjaga kelembaban udara di dalam kemasan sehingga barang yang ada dalam kemasan tersebut akan tetap kering. Atau lebih tepatnya berfungsi mengeringkan udara didalam kemasanan. Pada kemasannya sering terdapat tulisan 'DESICCANT', yang berarti Pengering.

Beberapa manfaat lain dari Silica Gel ini, (daripada kita buang begitu saja).

1. Menghindari lensa kamera dari kondensasi (pengembunan).

Dari gambar di atas, terlihat butiran - butiran air pada lensa sebuah kamera. Hal ini dinamakan pengembunan (kondensasi) yang disebabkan oleh udara yang lembab di sekitar tempat penyimpanan kamera. Tentu ini sangat merugikan, kamera bisa tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal ini, cukup kita letakkan beberapa bungkus Silica Gel di tempat kita menyimpan kamera tersebut.

2. Menjaga koleksi foto agar lebih awet.
Jika kita ingin menyimpan koleksi foto lama kita dalam sebuah box, jangan lupa sertakan beberapa bungkus silica gel agar foto-foto tersebut terjaga dari kelembaban sehingga tidak mudah berjamur.

3. Mengurangi kabut pada kaca depan mobil.

Letakkan beberapa bungkus silica gel di dashboad untuk mengurangi efek kabut ini.
Efek kabut ini muncul jika suhu udara diluar jauh lebih rendah dari pada di dalam mobil. Seperti pada musim hujan atau musim dingin, misalnya.

Kaca yang berkabut ini kalau di daerah tropis seperti kita lebih sering terjadi pada mobil yang tidak dilengkapi AC (air conditioner), di saat berkendaraan di musim hujan. Untuk kasus seperti ini, selain dengan menggunakan silica gel seperti di atas, bisa juga dengan mengoleskan shampo secara merata pada bagian dalam kaca mobil tersebut.
Yang paling mudah sih, buka jendela mobil agar suhu udara di dalam mobil sama dengan suhu udara di luar. Tapi kalau hujannya deras tentu hal ini tidak memungkinkan.
Untuk mobil yang dilengkapi AC pun kabut ini bisa terjadi, jika suhu diluar sangat ekstrim sementara AC mobil kita stel kurang begitu dingin. (Kitanya sudah kedinginan).

4. Menghilangkan bau apek pada buku.

Buku-buku koleksi yang telah disimpan lama (jarang dibuka) disamping kotor berdebu biasanya juga akan berbau apek. Untuk menghilangkan bau apek ini, bersihkan buku-buku tersebut dari debu kemudian masukkan ke dalam box bersama beberapa bungkus silica gel.

5. Melindungi peralatan dari karatan.
Dengan meletakkan beberapa bungkus silica gel dalam kotak peralatan (tools box) akan melindungi peralatan tersebut dari oksidasi sehingga tidak mudah karatan. Begitu juga pada tempat penyimpanan barang-barang dari besi lainnya, seperti paku atau sekrup.

6. Menjaga agar koper tetap awet.

Dengan meletakkan beberapa bungkus silica gel di dalam koper, kelembaban di dalam koper akan tetap terjaga dan bebas bau tak sedap sehingga koper akan lebih tahan lama.

7. Jika handphone anda basah karena terjatuh ke dalam air misalnya, coba gunakan silica gel untuk mengeringkannya.

Pertama, lepaskan / pisahkan dulu baterai dan memory card-nya (kalo ada). Kemudian coba lap hp tersebut seadanya agar tidak terlalu basah. Atau bisa juga dengan mengibas-ngibaskan hp tersebut untuk menghilangkan butiran-butiran air yang tersisa. Kemudian letakkan handphone tersebut kedalam sebuah wadah seperti mangkok misalnya, bersama beberapa bungkus silica gel dan biarkan semalaman minimal. Setelah semalaman, coba hidupkan kembali handphone tersebut. Biasanya akan berfungsi seperti sediakala.

Sebagai kesimpulan, sebenarnya masih banyak penerapan dari silica gel dalam kehidupan kita sehari-hari. Intinya sebaiknya kita menyimpan barang-barang kita dengan disertakan beberapa bungus silica gel terutama barang-barang yang sensitif terhadap kelembaban udara.
Setelah tahu manfaatnya, akankah kita buang begitu saja??
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...