Pompa air pada dispenser galon di bawah

Keunggulan utama dari dispenser jenis ini dibandingkan dengan jenis dispenser umumnya adalah agar konsumen tidak lagi direpotkan mengangkat galon ke atas dispenser. Seperti kita ketahui galon yang berisi air sangatlah berat (sekitar 19 kg, dengan asumsi 1 liter air murni = 1kg), apalagi buat kaum hawa.
Kehadiran dispenser galon bawah ini cukup disambut hangat kehadirannya karena sangat meringankan saat penggatian galon yang sudah kosong.
Bagian yang berperan penting dalam hal ini adalah pompa air yang berfungsi memompakan air dari galon yang terletak di bawah ke bagian tangki penampung dispenser untuk dipanaskan atau didinginkan. Sedangkan bagian-bagian dispenser lainnya tidak jauh berbeda dengan dispenser galon atas. Karenanya tulisan ini terfokus pada pompa airnya.

dispenser bawah-pompa
Gambar bagian bawah tempat galon
pada dispenser galon bawah
Sebenarnya pompa air pada dispenser galon bawah bukanlah seperti pompa air pada umumnya yang menyedot air dan kemudian mendorongnya ke atas. Pompa pada dispenser galon bawah lebih mirip dengan pompa angin (compressor) yang memompakan angin ke dalam galon yang tertutup rapat sehingga air dalam galon akan terdorong ke atas melalui selang lainnya.

Karenanya jika kita perhatikan pada penutup galonnya terdapat dua selang, selang pertama berasal dari pompa untuk memasukkan angin ke dalam galon dan selang kedua tempat keluarnya air dari galon seperti terlihat pada gambar di atas.
Galon juga harus tertutup rapat agar tekanan udara di dalam galon dapat mendorong air keluar dari galon. Cara kerjanya mirip dengan pompa galon manual, kita memompakan angin ke dalam galon untuk mendorong air yang ada di dalam galon keluar melalui corong pompa seperti gambar di bawah ini.


pompa air galon manual
Gambar pompa air galon manual
......................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Jenis-jenis pompa air
- Pompa air tenaga surya
- Dispenser
- Piston Pumps: Pompa air piston
- Diaphragm Pumps: Pompa Diafragma 
- Jenis-jenis pompa air secara umum
Dispenser Polytron galon bawah dengan slider. Inovasi sederhana manfaat besar
.....................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...