Sudah cukupkah air yang kita minum?

a glass of water

Dehidarasi adalah suatu keadaan dimana tubuh kita mengalami kekurangan cairan.
Dehidrasi di bedakan dalam dua tingkatan. Dehidrasi ringan dan dehidrasi berat.
Kita jangan abaikan dehidrasi ringan, kalau tidak bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti mulas, sembelit, batu ginjal, bahkan gagal ginjal.

Berikut tanda-tanda dehidrasi ringan:
  1. mulut dan bibir yang kering
  2.  mulut seperti bergetah
  3.  susah konsentrasi
  4. kelelahan
  5.  sakit kepala
  6.  detak jantung yang meningkat
  7.  warna urine yang gelap dan baunya sangat tajam
  8.   volume urine yang sangat sedikit sepanjang hari

Untuk memulihkan diri dari dehidrasi ringan, minumlah air secara bertahap. Atau, konsumsi jus buah murni sampai rasa hausnya hilang. Kita memang tidak harus bergantung pada air saja untuk mengatasi dehidrasi, tapi juga dari buah atau sayuran. Buah-buahan seperti semangka, strowberi, tomat, seledri, bayam, mentimun, dan brokoli, 90 persennya terdiri atas air. Sementara wortel, jeruk, apel, anggur, dan kentang mengandung sekitar 80 persen air. Sesisir pisang atau dua porsi buah lainnya akan membantu menyimpan kembali mineral yang hilang dari tubuh Anda.

Seberapa banyakkah air yang harus kita minum setiap hari untuk menghindari dehidrasi? Banyak pakar menyarankan minum 8 gelas sehari. Namun ini tidak mutlak tergantung kondisi kita masing-masing. seperti tingkat aktivitas, cuaca, kondisi lingkungan, bahkan pengobatan yang sedang kita lakukan. Dengan memperhatikan kondisi tubuh, bisa membantu kita menentukan apakah kita perlu menambah tambahan cairan bagi tubuh atau tidak. Rasa haus adalah sinyal dari tubuh kita bahwa kita butuh cairan atau minum. Agar terhindar dari dehidrasi, ikuti "Tips agar terhindar dari dehidrasi".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...