Tips agar terhindar dari dehidrasi

Air minum kemasan
Pada postingan sebelumnya, kami telah memuat tanda-tanda dari dehidrasi ringan, dan pada kali ini kami mencoba memberikan tips untuk memastikan bahwa tubuh kita tidak akan kekurangan air. Pada tahap awal tips ini bertujuan memaksa diri membentuk sebuah kebiasaan baru dalam keseharian kita.
Dan kalau sudah menjadi kebiasaan tentunya akan menjamin bahwa tubuh kita tidak akan pernah kekurangan asupan air. Memang akan terasa berat dan ribet [apalagi kemana-mana harus bawa botol air], tetapi yakinkan diri kita bahwa ini jauh lebih baik daripada kita direpotkan oleh urusan penyakit ginjal, misalnya. Coba ikuti tips-tips berikut:


1. Targetkan bahwa kita harus minum rata-rata 8 gelas sehari. Kesulitan di sini mungkin kita akan lupa menghitungnya. Banyak cara untuk memastikan bahwa kita telah minum 8 gelas hari ini. Diantaranya, minta tolong pasangan kita untuk selalu menyiapkan 8 gelas air minum dalam satu wadah, misalnya teko atau termos yang kapasitasnya cukup untuk 8 gelas air. Dan air dalam wadah tersebut harus habis sebelum anda berangkat tidur.
Atau jika anda memiliki budget yang cukup, bisa dengan menyediakan satu kotak air minum kemasan botol 600ml di rumah. Cukup anda minum 4 botol saja setiap harinya. Umumnya satu kotak air minum kemasan 600ml berisi 24 botol dan bisa untuk persediaan anda selama 6 hari.
[8 gelas kira-kira hampir sama dengan 4 botol air minum kemasan 600ml]


2. Jangan lupa membawa air minum setiap anda bepergian. Minta tolong pasangan anda untuk selalu mengingatkan atau mempersiapkan air minum kebutuhan anda selama dalam perjalanan. Memang air minum kemasan dijual di mana-mana termasuk pedagang asongan. Namun membawa air dari rumah tetaplah lebih baik karena tujuannya untuk membentuk kebiasan anda. Lagian anda tidak perlu repot-repot mencari warung yang menjual air minum kemasan sementara anda sudah kehausan di jalan.

3. Kebiasaan minum air putih ini, tentunya akan lebih mudah terbentuk jika kita menyukai rasa dari air minum tersebut. Sebaliknya kebiasaan akan sulit terbentuk kalau kita tidak menyukai rasa airnya. Di pasaran cukup banyak beredar merk air minum, pilihlah yang sesuai dengan selera dan budget anda. Atau tidak ada salahnya jika anda menambahkan sedikit perasa pada air minum yang sudah ada.

Minum 8 gelas sehari adalah anjuran para pakar untuk orang dewasa dengan kondisi individu pada umumnya. Namun ada saatnya kita  harus menambah jumlah asupan air minum dalam kondisi-kondisi tertentu, misalnya:
  • Saat cuaca panas terik
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Sedang sakit panas disertai muntah dan diare
  • Kegiatan atau kerja yang berkepanjangan di lapangan
  • Kondisi kesehatan yang kronis
  • Atau sedang diet.
Semoga bermanfaat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...