Electric Water Heater: Pemanas Air Listrik




Pemanas air jenis ini menggunakan energi listrik untuk memanaskan airnya. Pemanas air energi listrik ini juga terbagi dua jenis, yang menggunakan tangki (storage) atau yang tidak menggunakan tangki (tankless).

1. Pemanas air listrik pakai tangki (Storage - Electric Water Heater)

Pemanas air listrik jenis ini menggunakan tangki sebagai tempat menyimpan air panas sebelum digunakan. Ciri-cirinya berbentuk silinder horisontal atau vertikal dan karena ukurannya cukup besar dan makan tempat, biasanya dipasang di luar kamar mandi. Dan air di dalam tangki inilah yang dipanaskan sampai mencapai suhu yang dikehendaki.
Komponen dan cara kerjanya terlihat seperti gambar sebelah. Komponen utama alat ini adalah elemen pemanas listrik yang terletak di bagian atas dan bawah tangki. Saat air dingin masuk ke tangki, elemen pemanasnya mulai bekerja memanaskan air dalam tangki sampai mencapai suhu yang dikehendaki. Dan ketika suhu air dalam tangki mulai turun, ke dua elemen pemanas ini bekerja kembali memanaskan air sampai mencapai suhu yang telah di setting. Dengan dimikian suhu air di dalam tangki selalu terjaga dan selalu tersedia setiap dibutuhkan. 


Karenanya, pemanas air listrik pakai tangki ini pemakaian daya listriknya lebih boros. Daya listrik terus tersedot untuk menjaga kestabilan suhu air dalam tangki sekalipun tidak ada yang menggunakan air panas. Berikut contoh produknya merk Reliance dari Amazon dengan kapasitas 6 gallons.

Reliance-Storage Electric Water Heater-6gallon
Reliance-SEWH-6 gallons(click the pic for spec & details, from amazon)
2. Pemanas air listrik tanpa tangki (Tankless - Electric Water Heater)

Untuk jenis yang ke dua ini tidak memerlukan tangki. Jadi airnya tidak perlu ditampung dulu. Sama seperti pemanas air gas tanpa tanki, pemanas air listrik tanpa tangki ini baru bekerja memanaskan air saat kran air di buka. Air dari kran tidak langsung panas, perlu waktu beberapa saat untuk mendapatkan air panas yang diinginkan. Lama nunggunya tergantung dari besar kecilnya watt listrik alat tersebut. Semakin besar watt-nya semakin cepat air panas keluar dari krannya, begitu juga sebaliknya.
Cara kerja sama seperti pemanas air gas tanpa tangki. Saat kran di buka, aliran air terdeteksi oleh sensor aliran air (flow-switch) dan mengaktifkan elemen pemanas di dalam heating module dan memanaskan air sampai suhu yang diinginkan. Setelah mencapai suhu yang diinginkan atau kran di matikan (flow switch tidak mendeteksi adanya aliran air lagi), secara otomatis elemen pemanas pun mati. Jadi saat dibutuhkan saja alat ini bekerja. Dengan demikian konsumsi listriknya lebih hemat, walaupun air panasnya tidak tersedia setiap saat. Harus nunggu dulu beberapa saat setelah alat bekerja. Berikut contoh produknya.
Rheem-tankless electric water heater
Rheem-tankless electric water heater
(from Amazon, click pic for product spec & details)
 
Kesimpulan:

Memakai Tangki
Tanpa Tangki
Ukuran: Besar makan tempat Kecil, tidak makan tempat
Listrik: Boros, bekerja terus Lebih hemat, bekerja saat dubutuhkan
Harga: Mahal   >2 jt-an Lebih murah,   < 1 jt-an
Ketersediaan air panas: selalu ada Mau air panas? nunggu dulu
Cocok untuk keluarga besar Cocok untuk keluarga kecil

Demikian, semoga bermanfaat. Terimakasih.
......................................................................................................................................
Artikel Terkait:
......................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...