English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Gas Water Heater: Pemanas air menggunakan gas


Rinnai Gas Water Heater

Sebagai kelanjutan tulisan tentang Jenis-jenis Pemanas Air, sebelumnya telah kami bahas tentang Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater). Pada postingan kali ini kami coba tulis jenis pemanas air yang menggunakan gas sebagai energi pemanas airnya dan disebut dengan Pemanas Air Gas (Gas Water Heater).
Pemanas air jenis ini cukup populer di masyarakat, di samping harganya yang jauh lebih murah, juga ukuran dan bentuknya yang simple.

Populernya barang ini ditengah masyarakat membuat produsen berlomba-lomba memproduksi alat ini dengan berbagai pilihan yang kami bagi dalam 3 kelompok besar, yakni:


1. Storage-gas water heater.
Pemanas air menggunakan gas yang menggunakan tangki penyimpan. Jenis ini biasanya dipergunakan untuk memproduksi air panas dalam jumlah yang banyak. Kelebihannya air panas tersedia setiap saat. Kekurangannya tentu pada bahan bakar gasnya jadi lebih boros dibanding yang tanpa tangki penyimpan, karena alat ini bekerja otomatis untuk menjaga kestabilan suhu dalam tangki penyimpannya. Berikut contoh gambar produknya:


Storage-gas water heater


2. Tankless-indoor-gas water heater.
Pemanas air menggunakan gas tanpa tangki penyimpan air yang dipasang di dalam ruangan. Kebalikan dari pemanas gas diatas. Kekurangannya, air panas tidak tersedia setiap saat. Saat dibutuhkan (kran dibuka) alat ini baru bekerja memanaskan air. Namun waktu tunggunya tidak terlalu lama. Kelebihannya tentu pada bahan bakar gasnya yang lebih hemat. Berikut contoh gambarnya:


Indoor Tankless Gas Water Heater


3. Tankless-outdoor-gas water heater.
Pemanas air menggunakan gas tanpa tangki penyimpan air yang dipasang di luar ruangan. Kelebihan dan kekurangannya sama dengan yang no 2 diatas. Berikut contoh gambar:


Outdoor Tankless Gas Water Heater


Cara kerja pemanas gas ini pada dasarnya hampir sama untuk semua tipe. Kami ambil contoh untuk jenis pemanas air gas tankless-indoor saja.
Pada dasarnya, pemanas air jenis gas ini hampir sama seperti kita memasak air dengan kompor gas, bedanya alat ini bekerja otomatis dan airnya dipanaskan melalui komponen pemanas yang dinamakan heat exchanger.


Skema gas water heater



Berikut cara kerja pemanas air jenis ini berdasarkan gambar di atas.

1. Kran air panas kita buka
2. Air dingin mengalir dan terdeteksi oleh flow sensor
3. Komputer menyalakan burner (bagian yang bekerja seperti kompor) untuk memanaskan heat exchanger
4. Air dingin bersirkulasi melalui heat exchanger
5. Heat exchanger memanaskan air hingga mencapai suhu yang diinginkan
6. Setelah selesai, saat kran air panas ditutup, dan air berhenti mengalir, flow sensor tidak mendeteksi adanya aliran air, maka komputer akan mematikan burner-nya. Demikian seterusnya.

Khusus pemanas air gas tanpa tangki yang dipasang di dalam ruangan (jenis no:2), alat pemanas air jenis ini biasanya dipasang langsung di dalam kamar mandi agar lebih praktis saat ingin menyetel suhu air sesuai keinginan. Namun jika alat ini dipasang di dalam kamar mandi, pastikan ventilasi udara di dalam kamar mandi tersebut cukup sehingga udara dapat bersirkulasi dengan baik. Dan jika sewaktu-waktu terjadi gas bocor akan segera mengalir ke luar ruangan.
Untuk lebih amannya, saya menyarakan sekalian memasang gas detektor di dekat pemanas air tersebut agar jika terjadi gas bocor dapat segera diambil tindakan. Karena sifat dari gas ini, tidak tampak, tidak berwarna dan baunya tidak terlalu menyengat apalagi jika kebocorannya kecil.
Gas Detector
Perlu diperhatikan juga masalah saluran cerobong asapnya. Walaupun tidak terlihat, yang namanya pembakaran tetap menghasilkan gas carbon dioksida. Perlu diberi saluran / pipa khusus keluar ruangan agar gas hasil pembakaran langsung terbuang keluar ruangan, seperti contoh gambar berikut:


Saluran cerobong asap


Demikian, semoga bermanfaat. Kelak kita bahas mengenai pemanas air yang menggunakan energi lainnya. Terimakasih.
...............................................................................................................................................

Artikel Terkait:

- Solar Water Heater: Pemanas Air Tenaga Surya
- Electric Water Heater: Pemanas Air Listrik
- AC Water Heater: Pemanas Air dicangkok ke AC

...............................................................................................................................................

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...