Inovasi kemasan galon air minum



Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan pada Inovasi Produk: Dispenser dan Galon kemasan air minum. Untuk bagian pertama sudah kami bahas mengenai inovasi yang ada pada dispenser, dan berikut adalah kelanjutannya.

2. Variasi kemasan galon air minum
Pada bagian ini, sebenarnya lebih kepada semacam masukan pada para produsen air minum instan agar lebih variatif untuk kemasan produk air minum galonnya. Saat ini bisa dipastikan semua produsen air minum kemasan (dalam negeri) kompak menggunakan galon ukuran 19 liter (5 gallon US).
Katakanlah, berat air minum 1 liter hampir sama dengan 1 kg, (karena air murni 1 liter = 1 kg). Berarti air kemasan galon total beratnya adalah 19 kg..! Bisa dipastikan kaum wanita (ibu rumah tangga atau anak kost putri) tak akan sanggup membawanya. Dan pada akhirnya mereka (terutama wanita lajang) 100% bergantung kepada jasa antar jemput.

Tentang ukuran kemasan galon ini, cukup banyak variasi ukuran dan designnya yang telah diproduksi dan dijual bebas. Gambar berikut sekedar contoh dari beragam design yang ada,


Kemasan 5 gallon - 19 Liter

Kemasan 5 gallon - 19 Liter
Ini adalah galon air minum dengan ukuran 19 liter, sama ukurannya dengan galon yang selama ini akrab dengan kita. Inovasinya ada pada designnya yang memiliki  carry handle (pegangan) untuk memudahkan saat membawanya. Nampaknya para produsen air minum kemasan di negara kita sepakat untuk menggunakan kemasan galon ukuran 19 liter ini tapi tanpa pegangan di sisinya.






Kemasan 4 gallon - 15 Liter

Kemasan 4 gallon - 15 Liter
Ini kemasan galon air minum ukuran 15 liter + carry handle disampingnya. Diameter masih sama dengan galon air minum 19 liter, sehingga tetap cocok dengan dispenser yang ada di pasaran. Sedang tingginya kira-kira 3/4 dari galon 19 liter.







Kemasan 3 gallon - 11 Liter

Kemasan 3 gallon - 11 Liter
Ini kemasan galon air minum ukuran 11 liter + carry handle disampingnya. 
Diameter juga masih sama dengan galon air minum 19 liter, berarti tetap cocok dengan dispenser yang ada di pasaran. Sedang tingginya kira-kira 1/2 dari galon 19 liter.






Kemasan 2 gallon - 7,6 Liter

Kemasan 2 gallon - 7,6 Liter
Ini kemasan galon air minum ukuran 7.6 liter + carry handle disampingnya. Diameter agak lebih kecil dari galon air minum 19 liter, dan sepertinya masih cocok dengan dispenser yang ada di pasaran.







Kemasan 1 gallon - 3.7 Liter

Kemasan 1 gallon - 3.7 Liter
Ini kemasan galon air minum ukuran 3,7 liter + carry handle disampingnya, pada gambar sebelah tidak tampak. Diameter lebih kecil lagi tapi kami kurang tau apakah masih cocok dengan dispenser yang ada atau tidak.







Untuk melihat perbandingan antara ukuran-ukuran galon di atas, kita lihat gambar berikut.

Perbandingan gambar galon 19 liter dan galon 11 liter

.
Perbandingan galon 19 liter dan galon 11 liter-1

Perbandingan galon 19 liter dan galon 11 liter-2

Dari ke dua gambar di atas bisa kita bayangkan perbandingan antara galon 19 liter dengan ukuran galon lainnya.

Variasi design dari masing-masing ukuran galon cukup beragam. Berikut contohnya.

Variasi design galon airminum-1

Variasi design galon airminum-2

Demikian semoga bermanfaat, terimakasih.

.............................................................................................................................
Artikel Terkait:
Jenis dispenser air minum
Jenis dispenser air minum galon
Kendi, sebagai dispenser alami
Berbagai jenis dispenser
.............................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...