English French German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Tutup galon bekas ==> Tutup galon baru

Tutup galon











Usaha pembuatan tutup galon air minum yang bahan bakunya berasal dari tutup galon bekas. Salah satu komponen penunjang usaha depot air minum isi ulang adalah tutup galonnya. Menjalin kerjasama dengan beberapa depot isi ulang untuk mendapatkan tutup galon bekas. Lalu dirposes kemudian dicetak kembali menjadi tutup galon yang baru. Dan dijual kembali ke depot isi ulang. Ehm...nampaknya ideal sekali. Yah...ini sekedar gambaran idealnya saja. Jika anda tertarik dengan usaha pembuatan tutup galon, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya, lakukan pengamatan pasar kemudian analisa. Yang bisa kami pastikan di sini, tidak ada usaha yang instan atau mudah apalagi baru mulai usaha, semua butuh kerja keras dan persiapkan mental!!

Kita lihat proses pembuatan tutup galon ini.

1. Siapkan bahan bakunya.
Bahan baku tutup galon ini umumnya dari jenis plastik Polypropylene dan Polyethylene. Atau gampangnya, kerjasama dengan depot isi ulang untuk menyediakan tutup galon bekas.

2. Seleksi bahan baku.
Kelompokkan bahan baku berdasarkan warna sebelum dimasukkan ke mesin perajang. Kalau tercampur hasil cetakan tutup galonnya akan belang-belang.
(Atau sengaja berinovasi dengan menciptakan tutup galon pelangi..?? He-he silakan saja)

3. Penghancuran / perajangan bahan baku.
Tutup galon bekas dihancurkan / dirajang (dipotong kecil-kecil) menggunakan mesin perajang khusus, yaitu: plastic crushing machine lebih populer dengan sebutan mesin crusher plastik atau mesin perajang plastik. Contoh mesinnya seperti gambar berikut:


Mesin Crusher Plastik
Mesin Crusher
(source: mastermesin)

4. Pencucian
Setelah melewati proses perajangan, bahan plastik tadi diteruskan dengan proses pencucian agar bersih dari kotoran dan mendapatkan hasil pencetakan yang baik.

5. Pengeringan
Setelah dicuci, diteruskan pengeringan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

6. Pencetakan
Pada step ini pencetakkan tutup galon dengan mesin press. Mesin ini dilengkapi pemanas yang menggunakan pemanas api dari tabung LPG, sehingga bahan tutup galon meleleh yang kemudian dicetak menjadi tutup galon. Berikut contoh mesin press tutup galon manual.


Mesin cetak tutup galon

7. Quality Inspection.
Pada bagian ini hasil cetakan perlu di periksa kualitasnya. Yang bagus bisa langsung dikemas, dan yang kurang bagus dipisahkan untuk diproses ulang dengan melewati proses perajangan no: 3 diatas. Begitu seterusnya.

Jika anda memiliki modal cukup besar, bisa mendapatkan mesin cetak tutup galon yang full otomatis dan mesin crusher dengan kapasitas produksi yang lebih besar pula, seperti gambar berikut.



Mesin Cetak Tutup Galon Otomatis
Mesin Cetak Tutup Galon Otomatis (source: BusyTrade)

Plastic Crushing Machine

Demikian infonya semoga bermanfaat. Terimakasih.

.................................................................................................................................................

Topik terkait:

- Tutup galon sanford bekas
- Mengenal kode plastik

-------------------------------------------------------------------------------------------------

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...