Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan [bag-2]

Box handling

Cukup banyak simbol simbol yang tertera di kotak kemasan kardus atau kotak kemasan kayu dan sebagian sudah saya posting pada Simbol pada kotak kemasan [bag:1]. Semua simbol yang dicantumkan di  kotak kemasan kardus atau kotak kemasan kayu pada bagian luarnya wajib dilaksanakan saat penanganan [handling] barang tersebut. Berikut kami posting beberapa simbol yang lain yang sering tertera pada kotak kemasan atau kemasan luar dari produk tersebut.


Hindarkan dari panas matahari
1. Avoid Sun beam
Simbol ini dimaksudkan agar kotak kemasan harus dihindarkan dari sinar matahari dan pada berapa kasus simbol ini berarti juga hindarkan dari sumber panas yang lain. Saat penyimpanan atau saat pendistribusian kemasan tersebut harus di lindungi dari sinar matahari dan sumber-sumber panas yang lain. Simbol ini biasa tercantum pada kemasan produk makanan seperti mentega atau coklat yang kalau terkena panas bisa rusak / meleleh.

No hand truck here
2. No hand truck here
Simbol ini berarti melarang penggunaan hand truck [pengangkut dorong] saat mengangkut kotak kemasan pada sisi yang mencantumkan simbol ini. Sedang pada sisi kotak kemasan yang tidak ada simbol ini, penggunaan hand truck harus ijin dulu di perbolehkan atau tidak. Di bawah ini adalah contoh gambar hand truck [alat pengangkut dorong]
Alat pengangkut dorong-1 [hand truck]Alat pengangkut dorong-2 [hand truck]


Do not use forklift here
3. Do not use forklift here
Sama seperti simbol " No hand truck " di atas, penggunaan forklift pun dilarang pada sisi kemasan yang tercantum simbol ini.Sedang pada sisi kemasan yang tidak ada simbol ini penggunaan forklift harus mendapatkan ijin dahulu.


Center of gravity
4. Center of gravity
Simbol ini dimaksudkan untuk menandai secara jelas titik tengah gravitasi dari kotak kemasannya. Biasanya pada kotak kemasan kayu yang besar dan berat. Dengan adanya simbol ini saat kemasan akan diangkat petugas bisa memperkirakan posisi pengangkatannya agar seimbang.


Recycle
5. Recycle
Simbol daur ulang. Simbol ini berarti kemasannya terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. Seperti kemasan berbahan kertas kardus atau kayu.




Clamp here
6. Clamp here
Simbol ini menunjukkan sisi dari kemasan yang boleh di jepit [clamped] dan ini juga berarti pada sisi lain dari kemasan yang tidak terdapat simbol ini, tidak boleh dijepit. Ini perlu diperhatikan saat proses pemindahan barang dengan menggunakan alat penjepit.


Do not clamp
7. Do not clamp
Simbol ini berarti kemasan sama sekali tidak boleh di jepit. Dan berarti pula pada sisi kemasan yang tidak ada simbol ini tetap tidak boleh menggunakan alat penjepit. Kemasan yang ada simbol ini sama sekali tidak boleh menggunakan alat penjepit pada proses pemindahan atau pengangkutannya.

Temperature limitations
8. Temperature limitations
Simbol ini berarti barang kemasan tersebut harus disimpan dengan suhu tertentu atau diantara limit suhu yang diperbolehkan. Biasanya simbol ini disertai dengan "...°C" yang menunjukkan suhu penyimpanannya atau limit atas dan limit bawah suhu yang diperbolehkan. Kalaupun tidak ada tercantum suhu penyimpanannya pada simbol ini, dengan adanya simbol ini, berarti petugas gudang harus ngecek nota pengiriman kemasan yang menjelaskan berapa suhu atau limit suhu yang diperlukan untuk menyimpan kemasan tersebut. Berikut contoh penggunaan simbol ini.

Temperature limitations-a atauTemperature limitations-b

Do not dispose
9. Do not dispose
Biasanya simbol larangan ini terdapat pada kemasan battery atau produk yang mengandung bahan bahan kimia berbahaya. Simbol larangan supaya kita tidak membuang baterry atau produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya di tempat pembuangan sampah umumnya.

Keep tidy
10. Keep tidy
Simbol yang umum kita jumpai yang mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan. Sampah dari kemasan dibuang pada tempat pembuangan sampah pada umumnya.


Demikian beberapa simbol yang biasanya tercantum baik pada kemasan langsung produk, kemasan kotak kardus maupun kemasan kotak kayu. Simbol-simbol ini biasanya dicap atau di cetak langsung ke kemasan kotaknya. Namun banyak juga yang dicetak di atas stiker dan baru di tempel  pada kemasan kotaknya. Kelak kita bahas simbol-simbol lain pada postingan mendatang. Insya Allah.

Wooden packaging
..........................................................................................................................
Artikel Terkait:
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan - bag 1
Hazardous Symbols-1: Simbol Peringatan Berbahaya
Hazardous Symbols-2: Simbol Peringatan Berbahaya
Warning Symbol: Simbol-simbol peringatan pada mesin-mesin industri
Mengungkap makna dibalik logo-logo
Mengenal kode-kode pada plastik
- Simbol peringatan pada battery charger atau adaptor 
............................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...