Jenis Dispenser Air Minum



Dispenser adalah alat yang digunakan untuk menyajikan air minum yang suhunya biasa [dispenser keramik/porselin] atau panas/dingin. Berdasarkan sumber airnya dispenser dibedakan menjadi dua jenis, yaitu dispenser langsung dari kran air [plumbed-in dispenserdan dispenser air galon [bottled dispenser].

1. Plumbed-in Dispenser


Plumbed-in Dispenser
Dispenser jenis ini ainya di suplai langsung dari pipa PDAM [Batam - ATB]. Jadi tidak memerlukan galon air. Dispenser ini disamping berfungsi seperti dispenser biasa yang menghasilkan air panas atau dingin, lebih menitik beratkan pada proses pemurnian airnya. Tahap pertama air dari pipa di filter dan kemudian disterilkan. Setelah itu baru di salurkan ke tangki penampungan untuk di panaskan atau didinginkan. Jadi dispenser jenis ini sangat lengkap dan rumit, karena mengandung alat pemurnian dan pensterilan air serta alat pemanas atau pendinginan air. Dilihat dari banyaknya komponen atau alat di dalam dispenser ini tentulah harganya jauh lebih mahal. Namun keuntungannya kita tidak lagi direpotkan oleh urusan galon. Yang perlu diperhatikan adalah perawatan dan penggantian filter secara berkala. Kekurangannya disamping harganya yang mahal juga masalah portabilitasnya. Tidak mudah untuk dipindah-pindah seperti dispenser galon karena tergantung ketersediaan saluran airnya. Dispenser jenis ini banyak digunakan di kantor atau perusahaan yang karyawannya banyak atau di tempat-tempat umum sebagai fasilitas umum, misalnya bandara atau stasiun kereta [luar negeri, kalo di negara kita belum pernah saya jumpai kecuali di perusahaan tempat saya dulu bekerja].



2. Bottled Dispensers


Bottled Dispensers
Dispenser jenis ini banyak sekali kita jumpai dan sudah menjadi bagian peralatan rumah tangga. Dari namanya dispenser ini membutuhkan galon air sebagai sumber airnya. Tidak seperti Plumbed-in Dispenser, dispenser jenis ini hanya mengandung alat untuk pemanasan atau pendinginan air saja karena air yang masuk ke dispenser dianggap sudah siap untuk dikonsumsi tidak lagi diperlukan alat untuk pemurnian dan pensterilan air.Keuntungan dari dispenser jenis ini disamping lebih murah, juga karena portabilitasnya yang dapat dipindah-pindah sesuai keinginan dan perawatannya lebih mudah dan bisa dikerjakan sendiri oleh ibu rumah tangga. Dispenser jenis inipun banyak macamnya, dari dispenser yang sekedar untuk menyalurkan air biasa [tidak panas / tidak dingin] contohnya dispenser keramik / porselin, dispenser dengan airpanas saja atau dingin saja atau dua-duanya, dan dispenser galon diatas atau di dalam [dibawah]. Contoh-contoh dispenser galon air mnum ada di "Jenis dispenser galon (Botlled Dispenser)"
.....................................................................................................................................
Artikel Terkait:
Jenis dispenser air minum galon
Kendi, sebagai dispenser alami
Berbagai jenis dispenser
- Inovasi Produk: Dispenser dan Galon air minum
Dispenser Polytron galon bawah dengan slider. Inovasi sederhana manfaat besar
...................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...