Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan [bag-1]

Packaging Symbols
Jika anda berbelanja barang-barang yang dikemas dengan kotak kardus/karton, pada bagian luarnya akan sering anda jumpai simbol-simbol. Masing-masing simbol mengandung arti yang harus di ikuti oleh siapa saja yang menyimpan dan membawa kotak kemasan tersebut. Hal ini tentu dimaksudkan agar produk yang ada dalam kotak tersebut tidak rusak  selama disimpan di gudang/toko dan selama pendistribusian.
Berikut simbol -simbol yang biasa tertera pada kotak kemasan. Tidak semua simbol tertera pada kotak, tapi tergantung dari jenis produk yang ada di dalam kemasan tersebut.

Simbol-simbol berikut biasa disebut packaging symbols atau cargo symbols.


1. Keep dry.

Simbol ini dimaksudkan kotak tersebut dijaga agar tetap kering, jangan kena hujan dan jangan disimpan di tempat yang basah. Simbol ini biasa ditemukan pada kotak yang jika terkena hujan atau basah maka produk didalamnya bisa rusak. Simbol ini biasa terdapat pada kotak kardus kemasan barang-barang eloktronik dan makanan.
Packaging Syimbol - Keep Dry

2. Fragile.

Simbol ini sebagai peringatan bahwa barang yang ada di dalam kotak bisa rusak atau pecah bila terjatuh atau jika tidak di handle dengan hati-hati. Fragile sendiri berarti rapuh atau rentan, gampang pecah. Biasanya simbol ini tertera pada kotak kemasan barang elektronik atau barang pecah belah.
Packaging Syimbol - Fragile

3. Handle with care.

Simbol dengan dua tangan ini adalah simbol kehati-hatian. Sama halnya denga fragile, simbol ini mengingatkan kita agar selalu berhati-hati saat meng handle kotak tersebut. Bila tidak hati-hati, misalkan terjatuh maka isi kotak tersebut bisa rusak. Biasanya kalau sudah ada simbol handle with care, maka simbol fragile tidak tertera lagi, atau sebaliknya.
Packaging Syimbol - Handle with care

4.Top.

Simbol ini menunjukkan posisi atau kedudukan kotak. Saat penyimpanan di toko atau di gudang harus mengikuti simbol ini. Arah panah menunjukkan bagian atas kotak demikian juga barang yang ada di dalamnya, sehingga akan memudahkan kita saat akan membuka kotak tersebut. Simbol posisi ini harus tetap dilaksanakan saat meng-handle kotak tersebut, dikhawatirkan barang yang di dalam kotak bisa juga rusak karena penyimpanan atau saat membawanya terbalik. Sebagai contoh barang elektronik seperti lemari es, bisa mengakibatkan kerusakan saat menyimpan atau membawanya terbalik.
Packaging Syimbol - Up position

5. Maximum Stack.

Simbol ini menunjukkan jumlah maksimum tumpukan yang diperbolehkan saat penyimpanan atau saat pengakutan. Dengan demikian kalau tumpukan melebihi dari jumlah yang ditentukan atau tertera di simbol tersebut, bisa mengakibatkan isi kotak tersebut rusak. Karenanya simbol ini sering disertai angka yang menunjukkan jumlah masimum tumpukan. Seperti contoh yang tertera pada simbol stack sebelah, angka 23 berarti tumpukan maksimum hanya sampai 23 kotak saja, dan tidak boleh lebih dari itu.

6. No Stack.
Simbol ini berarti kotak kemasan tersebut sama sekali tidak boleh ditumpuk saat penyimpanan. ini dimaksudkan untuk barang-barang yang sangat rapuh, gampang pecah sehingga produsen perlu menyertakan simbol ini pada kotak kemasan produknya.

Packaging Syimbol - No Stack


Demikian simbol-simbol yang umum yang biasanya tertera pada kotak-kotak kemasan. Simbol ini bersifat internasional sehingga baik produk dalam negeri maupun produk luar negeri sering menggunakan simbol-simbol ini. Sebenarnya masih sangat banyak simbol-simbol ini, tergantung dari jenis produk yang ada di dalam kotak kemasan tersebut.
...................................................................................................................................
Artikel Terkait:
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan - bag 2
Hazardous Symbols-1: Simbol Peringatan Berbahaya
Hazardous Symbols-2: Simbol Peringatan Berbahaya
Warning Symbol: Simbol-simbol peringatan pada mesin-mesin industri
Mengungkap makna dibalik logo-logo
Mengenal kode-kode pada plastik
- Conformity Mark: Simbol kelayakan produk (bag-1)
- Membuat simbol kemasan menggunakan font grafis
- Simbol pada battery charger atau adaptor 
- Bikin sendiri antena TV Digital
...................................................................................................................................

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...