Kendi, dispenser alami yang terlupakan

Kendi, dispenser alami

Mungkin sebagian generasi muda terutama perkotaan sudah tidak tahu lagi apa itu kendi. Di mata mereka kendi adalah barang aneh atau barang sakral yang hanya nampak pada acara-acara tertentu seperti peresmian atau pernikahan.

Namun untuk digunakan sebagai perabot rumah tangga, nampaknya bukan sebuah pilihan lagi. Kendi sudah terlindas modernisasi. Padahal kendi adalah dispenser alami yang sangat bagus bagi kesehatan.


Kendi adalah hasil kerajinan tangan (handycraft) yang befungsi sebagai tempat air minum seperti halnya teko. Kendi terbuat dari tanah liat yang dibakar.Keistimewaan kendi terletak pada bahannya, yaitu tanah.
Kenapa tanah begitu istimewa?
Karena:
1. Tanah adalah sumber kehidupan.
Tanah menjadi sumber makanan bagi tumbuh-tumbuhan yang kita makan.

2. Tanah adalah pembersih najis.
Jika anda terkena najis berat, maka anda harus bersuci dengan tanah untuk menghilangkan najis pada bagian tubuh yang terkena najis tersebut.


Proses pembuatan kendi

Selain itu, air yang disimpan di dalam kendi semalaman sangat sejuk dan menyegarkan jika diminum keesokan harinya. Bahkan ada pendapat yang mengatakan sehatnya air minum yang tersimpan di dalam kendi karena tekanan pada dinding pori-pori kendi dapat menyalurkan oksigen ke dalam air dan mampu menekan dan menyerap kandungan metal, racun dan kotoran yang ada dalam air tersebut sehingga air kendi menjadi lebih jernih dan sehat.
Pendapat ini ada benarnya juga, karena salah satu metoda penjernihan air sederhana salah satu bahannya menggunakan pecahan batu bata atau pecahan genting yang mana genting dan batu bata juga terbuat dari tanah seperti halnya kendi. Kelak kita bahas proses penjernihan air sederhana ini. Insyaa Allah.
.....................................................................................................................
Artikel Terkait:
Jenis dispenser air minum
Jenis dispenser air minum galon
- Bebagai jenis dispenser berdasarkan fungsinya
Inovasi Produk: Dispenser dan Galon air minum
Dispenser Polytron galon bawah dengan slider. Inovasi sederhana manfaat besar
.....................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...