Inovasi Produk: Dispenser dan Galon air minum

Inovasi
Dalam bisnis produksi, inovasi produk merupakan sebuah keharusan. Tanpa inovasi, produk menjadi ketinggalan jaman dan bisnis akhirnya mati. Inovasi yang terus menerus akan membuat produk tersebut bertahan dan bahkan bisa merajai pasaran. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar konsumen menjadi semakin NYAMAN dan tidak segan-segan untuk membeli produk baru tersebut untuk menggantikan produk lama yang telah dimilikinya, yang mungkin dirasa sangat merepotkan.


Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi membuat pelanggan merasa nyaman dalam hal mengkonsumsi air minum dalam kemasan, namun kali ini kami fokuskan pada inovasi produk dispenser air minum dan galon (19L) yang menjadi wadah air minum tersebut. Salah satu alasan kenapa kami fokus pada ke 2 produk ini, karena kami sering memperhatikan ketidaknyamanan pelanggan gara-gara ke 2 produk ini.

1. Inovasi dispenser air minum kemasan galon.
Ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan dengan produk ini adalah pelanggan kesulitan saat menaikkan dan menuangkan galon air minum ke atas dispenser. Ibu-ibu harus menunggu suami pulang kerja dulu untuk menaikkan galon ke atas dispenser. Ketidaknyamanan ini nampaknya sudah dibaca oleh beberapa produsen dispenser air minum galon, sehingga keluarlah produk-produk dispenser hasil inovasi terbaru. Berikut contoh produk inovasi tersebut.

a. Dispenser galon di bawah (Bottom Load Dispenser).
Dengan dispenser ini, tidak direpotkan lagi untuk mengangkat galon ke atas dispenser. Cukup buka tutup galon + segelnya, masukkan pipa dari pompa, tekan dan kunci rapat dan dorong galon ke dalam. Selesai. Pilihan airnya pun sama, panas - biasa - dan dingin. Sayangnya harganya masih terbilang mahal dibanding dispenser biasa. Mungkin karena belum banyak merk yang beredar.

Sharp
Doff (Maspion)
Primo

Gambar di atas adalah contoh produk dispenser galon bawah, Sharp, Doff (Maspion) dan Primo (merk luar).

b. Dispenser set (aslinya: Whitewater Bottled Water Dispenser Set).


Dispenser set
Dispenser set-a
Dispenser set-2
Dispenser set-b

Dengan dispenser ini tak perlu banyak tenaga untuk mengangkat galon. Tapi tidak ada pilihan suhu air, panas atau dingin. Design yang sederhana tapi cukup memberi kemudahan saat meng-handle galon berisi air. Produk dari luar, kami kurang tau apakah produk ini sudah beredar di pasar dalam negeri. Saat tulisan ini di buat harganya masih $25.95.

c. Pompa Galon air minum. (Drinking Water Bottled Pump).
Sebenarnya pompa air minum galon (manual) ini sudah lama ada dipasaran. Fungsinya yang sederhana dan cukup murah harganya. Dan yang pasti tidak perlu repot-repot mengangkat galon. Tapi entah kenapa kurang begitu diminati, mungkin dianggap kurang fashionable ya? 


Manual Water Bottled Pump
Manual Pump (1)

Manual Water Bottled Pump-2
Manual Pump (2)

Sebagai alternatif dari pompa galon manual, adalah pompa galon otomatis / listrik. Cukup dengan menekan tombol maka air minum akan keluar. Alat ini di operasikan menggunakan sepasang battery besar (D-size).

electric drinking water pump-1
Electric Pump-1

Electric Pump-2
Electric Pump-2

Electric Pump-2a
Electric Pump-2a


d. Dispenser air minum kemasan lain (selain kemasan galon).
Berikut contoh produk yang sangat kreatif untuk menikmati air minum kemasan lain selain kemasan galon. Kemasan 1600 ml atau 1,5 liter, cukup berat jika ditenggak langsung. Dengan alat ini hal tersebut tidak perlu lagi. Di samping itu bisa juga menjadi penggati sementara di saat kemasan galon hilang dari pasaran. Alat ini ada juga yang buat minuman kemasan soda bagi yang hobi air minum bersoda seperti, Coca cola, Fanta atau lainny a. Dan dengan alat ini, sodanya tahan lebih lama.


Dispenser amdk
Dispenser amdk

Dispenser amdk 1600ml
Dispenser amdk 1600ml

Dispenser Minuman Soda
Dispenser Minuman Soda

Demikian inovasi pada dispenser yang bisa kami kumpulkan. Inovasi pada galon 19 liter kami lanjutkan pada tulisan mendatang. Terimakasih, semoga bermanfaat.
...............................................................................................................
Artikel Terkait:
- Inovasi kemasan galon air minum
- Jenis dispenser air minum
- Jenis dispenser air minum galon
- Kendi, sebagai dispenser alami
- Berbagai jenis dispenser
...............................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...