HDMI 2.0, standar baru HDMI untuk resolusi 4K@60 Hz

HDMI 2.0 telah dirilis pada 2013 lampau oleh forum HDMI. Ini merupakan standar baru HDMI untuk mendukung resolusi sinyal video 4K dengan frame rates hingga 60 frame per second (fps). Versi sebelumnya yaitu HDMI v1,4 yang saat ini banyak digunakan, bisa saja handle sinyal video 4K tapi hanya yang frame rates nya maksimal 30 fps saja. Sinyal video 4K@30Hz ini (istilah yang dipakai untuk menyatakan sinyal video resolusi 4K dengan frame rates 30 fps) masih belum dianggap sebagai sinyal video resolusi 4K yang "sempurna". Sinyal video 4K yang sempurna frame rates nya 60 fps atau di istilahkan dengan 4K@60Hz.

Berikut fitur-fitur baru yang terdapat pada HDMI v2.0
  • Memiliki bandwidth hingga 18 Gbps, hampir dua kali lipat dibandingkan bandwidth yang ada pada HDMI v.1,4 yang hanya 10,2 Gbps.
  • Support resolusi video 4K@60 Hz, resolusi Ultra HD.
  • Support hingga 32 channel audio sehingga dapat mengendalikan speaker jauh lebih banyak lagi dibandingkan dengan pada perangkat home theater terhebat saat ini.
  • Sampling puncak frekuensi audio ditingkatkan hingga 1.536 kHz dari sebelumnya yang hanya 192 kHz yang biaasanya terdapat pada audio HD.
  • HDMI 2.0 juga support rasio layar ultra-wide displays 21:9.
  • Support CEC (Consumer Electronic Control), yang berarti kendali perangkat-perangkat elektronik dari satu titik kendali. Contoh kasus seperti ini. Misalkan kita memiliki beberapa perangkat elektronik yang terhubung satu sama lain menggunakan kabel HDMI. Kita ambil contoh seperti TV digital, stereo set, DVD player. Semua perangkat dalam keadaan mati / stand by. Kemudian kita menghidupkan DVD player dan memasukkan DVD film favorit, maka TV Digital kita dan stereo set pun secara otomatis akan hidup juga tanpa kita nyalakan secara manual. Awalnya fitur CEC ini hanya bekerja jika perangkat - perangkat elektronik yang saling terhubung tersebut berasal dari produsen yang sama. Namun seiring berjalannya waktu, fitur CEC juga bisa berfungsi pada perangkat -perangkat elektronik yang berbeda produsen. Tidak harus berasal dari satu merek.
  • Dan beberapa fitur lainnya.

Berikut nama-nama fitur CEC pada masing-masing vendor elektronik.
    VendorIstilah CEC
    SonyBRAVIA Sync
     Samsung Anynet
    LGSimpLink
    MitsubishiNetCommand
    ToshibaREGZA-LINK
    PioneerKURO Link
    OnkyoRIHD (Remote
        Interactive
        over HDMI

    Di awal bulan April 2015 ini pula forum HDMI telah merilis update untuk HDMI 2.0, disebut dengan HDMI 2.0a. Terdapat penambahan fitur yaitu support HDR (High Dynamic Range) video. Fitur HDR ini biasa terdapat pada kamera smartphone, sebagai salah satu fitur pengambilan gambar.
    .......................................................................................................
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...