Mengungkap makna dibalik logo-logo

Logo Carrefour-Sony Ericsson-Formula 1
Logo umumnya digunakan oleh perusahaan, badan / organisasi, even / acara atau daerah untuk mewakili nama dan karakeristik dari perusahaan atau organisasi. Wujud dari logo ini umumnya berbentuk gambar atau sketsa yang di-design unik dan menarik sehingga setiap kali melihat logo itu orang akan langsung tahu perusahaan atau organisasi yang diwakili logo tersebut. Terkadang keunikan sebuah logo terletak pada misteri yang dikandungnya. Sepintas lalu sebuah logo seperti tidak ada hubungan dengan nama pemilik dari logo tersebut, namun jika diteliti lebih jauh akan terlihat makna yang sebenarnya.
Coba kita lihat beberapa logo yang unik berkut ini.

1. Logo Carrefour
Logo Carrefour
Logo ini tentunya sudah cukup akrab bagi yang suka jalan-jalan. Pemiliknya adalah sebuah perusahaan ritel asal Perancis. Logonya berbentuk mata panah berwarna merah mengarah ke kiri dan anak panah berwarna biru mengarah ke kanan. Hubungannya dengan nama Carrefour...?
Untuk menjawabnya coba kita lihat gambar dibawah ini




Dari gambar no: 2 di atas sudah nampak huruf "C" yang muncul, diperjelas lagi dengan gambar no: 3 dengan mengganti warna putih dengan warna pink. Pada gambar no: 4 warna biru dan merah diganti dengan warnah putih dan yang nampak cuma huruf "C" melambangkan nama Carrefour.
Sedangkan warna merah-putih-biru pada logo Carrefour melambangkan kebalikan dari warna bendera Perancis yang sebagai negara asalnya.

2. Logo Sony Ericsson

Logo Sony Ericsson
Logo ini cukup terkenal bagi penggemar handphone. Pemiliknya adalah perusahan Sony Ericsson yang merupakan merger antara SONY dan ERICSSON. Sepintas lalu logo tersebut tidak berhubungan dengan nama pemiliknya, namun jika diamati lebih seksama akan nampak bahwa logo tersebut mengandung huruf "S" untuk Sony dan huruf "E" untuk Ericsson yang digabung jadi satu mewakili nama perusahaan Sony Ericsson seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Logo Sony Ericsson-modifikasi

Design logo berbentuk bola 3 dimensi dengan kombinasi warna silver di kulit luar tempat huruf  "S" dan huruf "E" bersatu dan hijau di bola kecil bagian  tengahnya, seolah Sony Ericsson "menggenggam" dunia. Mungkin begitu maksud logonya.

3. Logo Formula 1.

Logo Formula 1

Logo di atas tentunya sudah tidak asing lagi, sebagai logo ajang bergengsi balap mobil Formula 1. Sepintas lalu huruf "F" warna hitam mewakili kata Formula dan angka "1" warna merah dengan strip-strip tipis di sisi bagian luar untuk menimbulkan kesan "speed" atau kecepatan.
Namun ternyata angka "1" bukan ditunjukkan oleh bagian logo warna merah. Akan tetapi dibentuk oleh kombinasi huruf "F" dan bagian logo warna merah sehingga membentuk angka "1" diantara huruf "F" dan bagian logo warna merah dengan warna yang sama dengan warna background-nya, putih. Angka "1" tersembunyi di warna background-nya, sama seperti logo Carrefour di atas, huruf "C" nya tersembunyi di warna dasar background.
Berikut gambar logo Formula 1 yang di modifikasi untuk memunculkan angka "1"-nya.

Logo Formula 1-modifikasi

Demikian infonya lain waktu disambung lagi dengan logo yang lain
Terimakasih.
...........................................................................................................................
Artikel Terkait:
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan - bag 1
Packaging Symbols: Simbol pada kotak kemasan - bag 2
Hazardous Symbols-1: Simbol Peringatan Berbahaya
Hazardous Symbols-2: Simbol Peringatan Berbahaya
Warning Symbol: Simbol-simbol peringatan pada mesin-mesin industri
Mengenal kode-kode plastik
Membuat simbol kemasan menggunakan font grafis 
- Arti kode pada bagian ekor pesawat terbang sipil
..........................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...