Daftar TV digital yang menggunakan DVB-T2

Update 2015:
Daftar TV Digital yang menggunakan tuner DVB-T2 per April 2015

Seperti kita ketahui, siaran TV Digital dipancarkan dengan menggunakan format sinyal DVB-T2 (Digital Video Broadcasting - Terrestrial, 2nd generation). Penggunaan sistim DVB-T2 ini sudah merupakan ketetapan pemerintah. Dengan demikian jika kita ingin menerima sinyal TV Digital, kita harus memiliki pesawat TV Digital yang dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Jika pesawat TV kita hanya bisa menerima siaran analog, atau TV LED / LCD yang tidak ada tuner DVB-T2, untuk bisa menerima siaran TV digital DVB-T2 kita bisa menggunakan Set Top Box DVBT-2 yang berfungsi mengkonversi sinyal TV Digital DVB-T2 sehingga bisa diterima pesawat TV analog atau TV digital yang belum menggunakan tuner DVB-T2. Untuk lebih mudahnya kita lihat gambar dibawah ini.
Skema penerimaan siaran TV Digital DVB-T2
Jika kita tidak ingin direpotkan oleh perangkat tambahan seperti Set Top Box untuk menerima sinyal digital, kita harus memiliki TV Digital yang sudah built-in Tuner DVB-T2. Berikut kami sajikan daftar merk TV LED yang sudah ada Tuner DVB-T2. Nampaknya masih sedikit produsen TV LED yang memproduksi TV LED yang ada Tuner DVB-T2.

Data berikut ini kami rangkum dari situs-situs resminya di Indonesia. Asumsinya, jika produk tersebut ditampilkan di situs resminya untuk Indonesia, tentunya produk tersebut dijual untuk wilayah Indonesia.


Produsen
No Seri
Size
Panasonic
VIERA TH-P65VT60G 65"
- VIERA TH-P60ST60G 60"
- VIERA TH-L50E6G 50"
- VIERA TH-L42E6G 42"
- VIERA TH-L50ET60G 50"
- VIERA TH-L42ET60G 42"
- VIERA TH-L50DT60G 50"
- - -
Philips 46PFL8008S/12 46"
- 55PFL8008S/12 55"
- - -
SONY KDL-32W654A 32"
- KDL-32W674A 32"
- KDL-42W674A 42"
- - -

Berikut screenshot contoh spesifikasi produk untuk merk-merek di atas.

Panasonic Viera TH-L42E6G

Philips 46PFL8008S/12
Catatan untuk merk SONY;
Pada bagian spesifikasi produk tidak secara jelas mencantumkan bahwa produk tersebut telah ada bult-in DVB-T2, hanya tertulis " TV System: 1(DIgital/Analog): B/G, D/K, I,L,M " seperti screenshot berikut:


SONY KDL-32W674A
Namun dari beberapa info dari situs lain, no seri produk SONY di atas sudah bult-in tuner DVB-T2, bahkan dari Singapore dikatakan hampir semua produk SONY Singapore keluaran terakhir sudah built-in Tuner DVB-T2, seperti yang dilansir situs asia.cnet.com berikut

"...The good news is most of the latest models are DVB-T2 ready. For its full-HD lineup, they include the W674, W704, W804, W904 and W954 series... " (post 11 July 2013)

No seri produk keluaran SONY Singapore tersebut kami cek di situs Sony Indonesia, hasilnya seperti screenshot di atas.
Namun kehati-hatian harus tetap diutamakan. Test sebelum membeli tentu lebih bijak daripada nyesal dikemudian hari.
Tips yang mungkin bisa membantu saat mau beli TV LED yang sudah bult-in Tuner DVB-T2 adalah cari info stasiun TV mana yang sudah on air menggunakan sinyal DVB-T2 untuk wilayah anda, kemudian saat melakukan test TV LED pilihan anda di toko atau dealernya, pastikan stasiun TV tersebut muncul saat di scan. Jika stasiun TV tersebut nongol, bisa dipastikan TV LED pilihan anda sudah built-in Tuner DVB-T2, jika tidak sebaiknya cari merk lain atau jangan beli dulu. 

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, kelak jika ada merk lain yang sudah built in Tuner DVB-T2 akan kita update lagi.

Update 2015:
Daftar TV Digital yang menggunakan tuner DVB-T2 per April 2015
..................................................................................................................................................
Artikel terkait:
- Cara mendapatkan siaran TV Digital Terrestrial DVB-T2
- Resolusi TV Digital
- Siaran TV Digital
- Antena TV Digital
- Bikin sendiri antena TV Digital 
- Apa itu Smart TV? 
- Cara koneksi Smart TV ke jaringan internet 
- Jenis-jenis TV 3D 
- Apa itu kabel HDMI 
- Jenis-jenis konektor HDMI 
- Cara koneksi laptop ke TV Digital menggunakan kabel HDMI 
- Koneksi dan cara kerja DLNA 
- Jenis home theater dan bagian-bagiannya 
Cara setup speaker pada home theater 
TV digital yang menggunakan DVB-T2 (Update - 2015)
..................................................................................................................................................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...